Bagaimana Cara Membuat Text Area di Blog , blogspot ?

Bagaimana Cara Membuat Text Area di Blogspot? 

Bagaimana Cara Membuat Text Area Dengan Highlight? - Text area adalah sebuah kolom yang dibuat sebagai kontainer tulisan atau kode html yang ingin kita hidangkan kepada para pengunjung blog. Selain sebagai kontainer text biasa, text area juga bisa dibuat dengan fungsi highlight agar memudahkan pengunjung melakukan copy isi text area

Langsung saja kita mempelajari bagaimana cara  membuat kode HTML untuk text area. Kode ini bisa saudara masukkan di website ataupun blog anda:

Membuat Text Area Biasa

<p align="center"><textarea name="mytextarea" rows="7" cols="35" readonly=""> MASUKAN KODE DI SINI</textarea></p>

hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini :



Ada dua Hal yang perlu anda perhatikan, yang pertama adalah cols, yang berarti jumlah karakter yang ditampilkan per baris. Parameter kedua adalah rows yang berarti jumlah baris yang akan ditampilkan oleh text area, jika jumlah baris yang diketik lebih panjang dari yang disediakan makan text area akan menampilkan scrolling.

Membuat Text Area dengan Tombol Pilih

Text area juga bisa dibuat dengan menambahkan fungsi highlight, di mana fungsi ini akan menyorot semua text yang berada di dalam text area. Ini akan membantu pengunjung blog jika ingin mengcopy isi dari text area yang terlalu panjang. Langsung saja kita lihat contoh kode html berikut ini:


<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Pilih All"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH: 200px; HEIGHT: 100px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="55" readonly="">masukkan kode disini</textarea></p></div></form>
 
Sebagai contoh :

Kode di atas mempunyai dua bagian utama, yaitu yang membuat fungsi highlight dan yang membuat fungsi text area. Dari semuanya ada beberapa kode yang bisa diubah yaitu:
  • Height: 100px yang menyatakan tinggi text area anda nantinya
  • Width: 200px yang menyatakan lebar dari text area
  • Value="Highlight All" adalah text yang akan ditampilkan pada tombol
Jadi silahkan diedit text area ini sesuai kebutuhan anda

0 comments: